- Deskripsi
Modul Membaca dan Mengidentifikasi Komponen Elektronika dengan Kode ELKA-MR.UM.002A, diharapkan mempermudah peserta didik kompeten dalam merawat dan memperbaiki peralatan elektronik audio, video dan game komersial:
- Membaca dan mengidentifikasi komponen Resistor :
- Resistor dibaca dan di identifikasi nilainya berdasarkan kode warna dan tanda-tanda lain.
- Nilai resistansi resistor rangkaian seri.
- Nilai resistansi resistor rangkaian paralel.
- Nilai resistor rangkaian seri-paralel.
- Resistor dikenali komposisi bahan dan jenisnya, serta kegunaannya masing-masing.
- Membaca dan mengidentifikasi komponen Kondensator:
- Kondensator diidentifikasi dan dibaca nilai serta tipenya berdasarkan tulisannya atau kode warnanya.
- Setiap jenis kandensator dijelaskan kegunaannya masing-masing
- Proses charge dan discharge pada kondensator dijelaskan dan dikaitkan dengan hukum Coulomb.
- Nilai kapasitas kondensator dirangkai seri
- Nilai kapasitas kondensator dirangkai paralel
- Membaca dan mengidentifikasi Komponen Induktor.
- Induktor diidentifikasi dan dipahami nilainya untuk berbagai tipe inti/core (ferrite, udara)
- Setiap jenis induktor dijelaskan kegunaannya dan alasan kenapa dipilih jenis tersebut.
- Pengaruh ukuran kawat dan diameter belitan pada induktor mampu dijelaskan
- Membaca dan mengidentifikasi komponen Transformator :
- Transformator diidentifikasi dan dipahami nilainya untuk berbagaii tipe.
- Mampu dijelaskan bagaimana Transformator digunakan untuk konversi menaikkan (step up) dan menurunkan (step down) tegangan.
- Dijelaskan kenapa sebuah Transformator memakai laminasi dan intinya dibuat tidak pejal melainkan dari plat besi berlapis-lapis.
- Membaca dan mengidentifikasi komponen Transistor:
- Transistor dibaca dan diidentifikasi tipenya dan dipahami kegunaannnya sebagai UJT, FET, dan Mosfet
- Transistor dijelaskan tentang besaran betha, alpha, pemberian tegangan DC dan range tegangan bias dan kegunaan lainnya
- Membaca dan mengidentifikasi komponen Thyristor;
- Thyristor dibaca dan diidentifikasi kegunaannya di samping semikonduktor lainnya.
- Komponen Diac, Triacs, dan SCR diidentifikasi dan dijelaskan prinsip kerjanya.
- Membaca dan mengidentifikasi komponen Dioda;
- Dioda diidentifikasi dan dipahami tipenya dan kegunaannya
- Dioda penyearah dijelaskan kegunaannya pada penyearahan tegangan bolak-balik.
- Dioda zener dijelaskan batas ratingnya, dan kegunaannya pada regulator tegangan searah
- Dioda detector dijelaskan fungsinya pada pendeteksi sinyal modulasi
- Dioda Varactor dijelaskan fungsinya untuk pengubah tegangan menjadi kapasitansi
- Membaca dan mengidentifikasi piranti Optik;
- Piranti optik diidentifikasi kegunaannya sebagai LED, LCD dan sebagainya.
- Piranti optik untuk Solar sel dijelaskan aktivasinya dengan benar.
- Piranti optik untuk photo resistor, photoDioda, phototransistor dijelaskan pemakaiannya masing-masing dan dapat digambarkan skemanya.
- Membaca dan mengidentifikasi komponen MOS, CMOS, FET
- Komponen MOS, CMOS dan FET diidentifikasi tipenya, rating operasinya
- Komponen MOS, CMOS dan FET dapat dijelaskan kegunaannya masing-masing.
Komponen-komponen tersebut banyak dipergunakan dalam rangkaian pesawat elektronika Audio-Video dan peralatan Game Komersial.
- Prasyarat
Peserta didik untuk menguasai kompetensi Membaca dan Mengidentifikasi Komponen Elektronika. KODE: ELKA-MR.UM.002.A dengan menggunakan Modul dipersyaratkan:
- Membaca Simbol Komponen.
- Dapat mengoperasikan Multimeter Analog Fungsi Ohm meter.
- Dapat mengoperasikan RCL Tester.
- Dapat mengoperasikan Transistor Cheker.
- Petunjuk Penggunaan Modul Bagi Siswa
Petunjuk penggunaan modul Pemahaman Komponen Elektronika ELKA-MR.UM.002A ini diperuntukkan kepada peserta didik/siswa diharapkan dapat belajar mandiri dan peran guru untuk membantu, maka mengikuti langkah-langkah dalam melakukan kegiatan belajar di bawah ini:
- Petunjuk Bagi Siswa
- Langkah-langkah belajar yang ditempuh, mulailah menghafalkan kode warna dan menguasai arti warna-warna yang tertera dalam Resistor dan membuktikan nilai resistansi yang dibacanya dengan mengukur Resistor tersebut menggunakan Ohmmeter. Menguasai gambar simbol komponen Resistor; Kondensator; Induktor dan Transformator.
- Perlengkapan yang harus dipersiapkan, Tabel kode warna, Resistor berbagai macam dan ukuran; Kondensator berbagai macam dan ukuran; Induktor berbagai macam dan ukuran; Transformator; berbagai type Transistor, Thyristor, Dioda piranti Optik, MOS, CMOS dan FET berbagai macam dan ukuran; Multimeter Analog dan Transistor Cheker.
- Hasil pelatihan, peserta didik dapat membuat laporan praktik tertulis lengkap dengan data karakteristik masing-masing komponen.
- Prosedur pengujian, setiap uji sub kompetensi mencakup aspek Pengetahuan (Kognitif), Sikap (Affektif) dan Perbuatan (Psikomotor).
- Peran guru dalam proses pemelajaran, pembimbing, penguji, merekomendasi nilai sertifikasi.
- Peran Guru
- Membantu siswa dalam merencanakan proses belajar, menyiapkan lembar kerja siswa, Alat dan Bahan sesuai kebutuhan.
- Membimbing siswa melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar, membuat tugas terstruktur, membimbing pembuatan laporan hasil praktik siswa.
- Membantu siswa dalam memahami konsep dan praktik masing-masing karakteristik komponen dan menjawab pertanyaan siswa mengenai proses belajar siswa sehingga pencapaian kompetensi siswa dapat tercapai dengan optimal dan maksimal.
- Membantu siswa untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar, apabila perangkat yang tersedia masih dirasa kurang berkaitan dengan diklat yang sedang dilakukan.
- Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan, terutama apabila jumlah sarana pendukung tidak memenuhi jumlah siswa.
- Merencanakan seorang ahli/pendamping guru dari tempat kerja atau guru tamu dari Dunia Usaha dan Industri untuk membantu jika diperlukan,
- Merencanakan proses penilaian dan menyiapkan perangkatnya, untuk menginventaris kemajuan hasil belajar siswa.
- Melaksanakan penilaian dan menyampaikan hasil penilaian siswa secara transparan serta mengentri data penilaian ke database yang sewaktu-waktu dapat di print out bila diperlukan.
- Menjelaskan kepada siswa tentang sikap pengetahuan dan keterampilan dari suatu kompetensi, yang perlu untuk dibenahi dan merundingkan rencana pemelajaran selanjutnya, agar ada kesinambungan.
- Mencatat pencapaian kemajuan siswa.
- Tujuan Akhir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar