Tips-trick|Software|

Download Software Gratis

Translate

Jumat, 09 Juli 2010

Pembangkit Listrik Tenaga Air Sederhana


Pendahuluan

Kebutuhan akan listrik adalah kebutuhan primer bagi hampir seluruh kalangan masyarakat kita. Mulai dari kota besar sampai pelosok desa. Sayang sekali kemampuan pembangkit listrik yang ada tidak mencukupi pengadaan tenaga listrik sampai ke desa-desa. Bahkan di kota besarpun saban hari kita alami pemadaman listrik karena kapasitas yang sangat kurang.
    Oleh karena itu akan sangat menguntungkan masyarakat menengah ke bawah jika mereka dapat memiliki pembangkit listrik swadaya, yang murah dan mudah dibuat.

Isi

    Prinsip pembangkit listrik sebenarnya tidak terlalu rumit. Kita dapat membuat pembangkit listrik dari setiap sumber energi yang ada, seperti air, angin, panas matahari, panas bumi, dan sebagainya. Satu-satunya yang kita perlukan adalah kemampuan mengubah bentuk energi tersebut menjadi energi listrik.
    Pembangkit listrik yang tergolong paling sederhana adalah pembangkit listrik tenaga air. Prinsipnya adalah kita memanfaatkan arus air, atau air yang jatuh pada air terjun untuk memutar dinamo. Dinamo ini kemudian mengubah energi gerak menjadi energi listrik (lihat gambar 1). Ya, persis cara kerja dinamo sepeda!

[Gbr 1. Prinsip Pembangkit Tenaga Listrik]

Penutup / Kesimpulan

     Dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa membuat PLTA sederhana tidak susah. PLTA yang diuraikan di atas memiliki kekuatan sekitar 10 kW, atau kira-kira sanggup menerangi 10 rumah dengan suplai listrik minimal. Diharapkan inisiatif dari pamong desa untuk mencoba membuat sendiri PLTA di daerahnya dengan mengikuti petunjuk di atas.


Referensi

1.      Manual pembuatan PLTA sederhana, User Infometrik, Infometrik 2009
2.      Prinsip Pembangkit Tenaga Listrik, Ir.Fulan, Gramodia 2000


Profil Penulis:
Dilahirkan di Payakumbuh, 17 Agustus 1985. Menamatkan pendidikan sarjana teknik dari Institute Teknologi Surabaya pada tahun 2007, dan Magister Teknik dari Universitas Indonesia pada tahun 2009. Saat ini bekerja sebagai konsultan swasta bidang teknik mesin di Jakarta. Bidang keahlian khusus yang diminati adalah teknologi tepat guna untuk masyarakat desa, penerapan teknik mesin untuk kebutuhan aplikasi bengkel sederhana. Penulis dapat dihubungi di infometrikuser@infometrik.com



Catatan dari editor:
Sub judul Pendahuluan, Isi dan Penutup di atas hanyalah guide untuk layout artikel. Tulisan sebenarnya boleh tidak mencantumkan sub judul tersebut selama isinya tetap sesuai dengan sub-judul tsb. Nama-nama sub judul tersebut bisa diganti dengan nama lain yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DLL yang disiapkan Jika Cheat tidak tampil

d3dx43.dll (Folder PB)
msvcp100.dll (Folder PB)
msvcr100.dll (Folder PB)
d3dx9_42.dll (system32)
msvcp100d.dll (system32)
msvcr100d.dll (system32)
Atau kalian ingin yang sudah dipaketkan,
[-] DLL Folder PB <<< Jadi simpan dll yang ada di .rar ke dalam Folder PB mu.
[-] DLL System32 <<< Jadi simpan dll yang ada di .rar ke
  • C:\Windows\System (Windows 95/98/Me)
  • C:\WINNT\System32 (Windows NT/2000)
  • C:\Windows\System32 (Windows XP, Vista, 7)
Jika kamu menggunakan Windows versi 64-bit , kamu harus tempatkan .dll nya di C:\Windows\SysWOW64\
Apabila kalian masih tidak mengerti silahkan tinggal komentar kalian di bawah ini.
Terima Kasih ^_^
Download Multy Injector KLik Disini (untuk lost saga)
Download Multy Injector + processes KLik disini (untuk Geme Ofline)

Daftar isi Blog

Widget By: [Akhmad Andryan]

Update status FB Via BB - I-pade

http://hadi.web.id/fb.html http://hadi.web.id/facebook.html