::
Definisi Kecerdasan
Buatan
Banyak
cara
untuk mendefinisikan
Kecerdasan Buatan,
diantaranya adalah:
·
Suatu
studi yang mengupayakan
bagaimana agar komputer
berlaku cerdas
·
Studi
yang membuat komputer
dapat menyelesaikan
persoalan yang sulit
·
Teknologi
yang mensimulasikan kecerdasan
manusia, yaitu
bagaimana mendefinisikan
dan mencoba
menyelesaikan persoalan
menggunakan komputer
dengan meniru
bagaimana manusia
menyelesaikan dengan
cepat.
·
Dengan
beberapa definisi
di atas,
Kecerdasan Buatan
menawarkan baik media
maupun uji
teori kecerdasan.
Teori-teori ini
dapat dinyatakan
dalam bahasa program
komputer dan
dibuktikan eksekusinya
pada komputer
nyata.
::
Sejarah Kecerdasan
Buatan
·
Pada
tahun 1950-an
para ilmuwan
dan peneliti
mulai memikirkan
bagaimana caranya agar
mesin dapat
melakukan pekerjaannya
sepeiti yang bias dikerjakan
oleh manusia.
·
Alan Turing,
seorang matematikawan
Inggris, pertama kali
mengusulkan adanya
tes untuk
melihat bisa
tidaknya sebuah
mesin dikatakan
cerdas. Hasil
tes tersebut
kemudian dikenal
dengan Turing Test, dimana
si mesin
tersebut menyamar
seolah-olah sebagai
seseorang di
dalam suatu
permainan yang mampu
memberikan respon
terhadap serangkaian
pertanyaan yang diajukan.
Turing beranggapan bahwa,
jika mesin
dapat membuat
seseorang percaya
bahwa dirinya
mampu berkomunikasi
dengan orang lam,
maka dapat
dikatakan bahwa
mesin tersebut
cerdas (seperti
layaknya manusia).
::
Sejarah Kecerdasan
Buatan (cont'd)
·
Kecerdasan
Buatan sendiri
dimunculkan oleh
seorang profesor
dari Massachusetts Institute of Technology (MIT)
yang bernama John McCarthy pada
tahun 1956 pada
saat Dartmouth Conference yang
dihadiri oleh para
peneliti Al.
:: Beberapa
program AI yang mulai dibuat pada tahun 1956-1966, antara lain:
·
Logic Theorist,
diperkenalkan pada
Dartmouth Conference, program ini
dapat membuktikan
teorema-teorema matematika.
·
Sad Sam.
diprogram oleh Robert K.
Lindsay (1960). Program ini
dapat mengetahui
kalimat-kalimat sederhana yang
ditujis dalam
bahasa Inggris
dan mampu
memberikan jawaban
dari fakta-fakta yang
didengar dalam
sebuah percakapan.
·
ELIZA, diprogram oleh Joseph Weinzenbaum (1967).
Program
ini mampu
melakukan terapi
terhadap pasien
dengan memberikan
beberapa pertanyaan.
Persoalan
Yang Ditangani Artificial Intelligence
:: Beberapa
persoalan yang dapat ditangani oleh Kecerdsan Buatan, antara lain:
·
Persepsi
(Vision dan Percakapan)
·
Bahasa
Alamiah (Pemahaman,
Penurunan, Translasi)
·
Kontrol
Robot
·
Permainan
(Game)
·
Persoalan
Matematis (Geometri.
Logic. Kalkulus Integral)
·
Engineering (Desain,
Penemuan Kesalahan,
Perencanaan Pabrik)
·
Analisa
llmiah
·
Diagnosa
Bidang Kedokteran
·
Analisa
Financial
Sub
Disiplin Ilmu dari
AI
::
Kecerdasan Buatan dapat
dipilah menjadi
sejumlah sub disiplin
ilmu, diantaranya
adalah:
·
Sistem
Pakar (Expert System). Disini
komputer digunakan
sebagai sarana
untuk menyimpan
pengetahuan para
pakar. Dengan
demikian komputer
akan
memiliki keahlian untuk
menyelesaikan permasalahan
dengan meniru
keahlian yang dimiliki
oleh pakar.
·
Pengolahan
Bahasa Alami (Natural
Language Processing). Dengan
pengolahan bahasa alami
ini diharapkan user
dapat berkomunikasi
dengan komputer
dengan menggunakan
bahasa sehari-hari.
Sub Disiplin
Ilmu dari AI (cont'd)
·
Pengenalan
Ucapan (Speech Recognition).
·
Melalui
pengenalan ucapan
diharapkan manusia
dapat berkomunikasi
dengan komputer
menggunakan suara.
·
Robotika
dan Sistem Sensor
(Robotics and Sensory Systems).
·
Computer Vision,
mencoba untuk
dapat menginterpretasikan
gambaratau obyek-obyek
tampak melalui
komputer.
·
Intelligent
Computer-Aided Instruction. Komputer
dapat digunakan
sebagai tutor yang dapat
melatih dan
mengajar.
·
Machine Learning (Jaringan
Syaraf Tiruan, Fuzzy
Logic, Algoritma Genetika)
·
Game Playing.
LINGKUP KECERDASAN BUATAN
PADAAPLIKASI KOMERSIAL
::
Dalam kehidupan manusia,
komputer dapat
membantu dalam
bidang:
·
Pertanian,
komputer dapat
mengontrol robot yang melakukan
kontrol terhadap
hama,
pemangkasan pohon,
pemilihan hasil
panen, dsb.
·
Pabrik,
komputer dapat
mengontrol robot yang harus
mengerjakan pekerjaan
berbahaya dan
membosankan, inspeksi,
dan melakukan
maintenance pekerjaan.
·
Kesehatan,
komputer dapat
membantu untuk
mendiagnosis penyakit,
melakukan monitoring kondisi
pasien, memberikan
treatment yang cocok.
·
Pekerjaan
Rumah Tangga,
komputer dapat
memberikan nasehat
dalam memasak
dan berbelanja,
membantu membersihkan
lantai, memotong
rumput, mencuci
pakaian, dan
melakukan maintenance terhadap
pekerjaan.
KRITERIA DIKATAKAN SUKSES
UNTUK SEBUAH SISTEM KECERDASAN BUATAN
::
Untuk mendefinisikan
sebuah penelitian dalam
bidang Kecerdasan
Buatan dikatakan
sukses, kita
dapat menanyakan
tiga hal
sebagai berikut:
·
Apakah
langkah-langkah penyelesaian
didefinisikan secara
lengkap?
·
Apakah
langkah yang sudah
didefinisikan dapat
diimplementasikan sebagai
sebuah procedure dalam
komputer? Jika
sulit diimplementasikan.
maka
sistem tersebut bukan
sistem Kecerdasan
Buatan.
·
Apakah
didalamnya diidentifikasikan
beberapa batasan?
Jika tidak.
procedure kemungkinan
hanya dapat
diterapkan pada
contoh yang sedang
dipilih.
sedangkan pada
permasalahan lain metocie
ini tidak
dapat diterapkan.
Creditz:
- Entin
Martiana
- Rengga
Asmara
- All EEPIS
Lecturer..
/* ------------------------------|EOF|------------------------------ */
Tidak ada komentar:
Posting Komentar